Kenapa Sih Harus Super Camp di Makara Insani?



"Super Camp, apaan tuh kak?" Mungkin banyak diantara adik-adik yang bertanya seperti ini, betul kan? Hehehe... Ok kakak jelaskan, Super Camp merupakan salah satu program unggulan dari Makara Insani yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk menghadapi SBMPTN 2014 dimana para siswa akan dikarantina selama 2 minggu dan secara intensif akan diberikan pembekalan khusus untuk menghadapi SBMPTN.

"Oooh program karantina toh, trus bedanya sama yang lain apa kak?" Pertanyaan yang bagus. Pembekalan yang diberikan oleh Lembaga Makara Insani berbeda dengan bimbingan belajar lainnya. Saat bimbingan belajar fokus membekali siswanya dengan berbagai materi pelajaran dan dibumbui dengan beragam trik cepat, kami justru mengambil metode berbeda. Makara Insani membekali siswanya tidak hanya dengan materi pelajaran saja, tetapi juga pengetahuan mendalam tentang SBMPTN itu sendiri dan berbagai macam strategi belajar (bukan rumus cepat) yang disesuaikan dengan kemampuan pribadi tiap siswa. Jadi kami tidak menyamaratakan siswa melainkan memberi perlakuan yang sesuai dengan karakter belajar mereka.

"Maksudnya memperlakukan siswa sesuai dengan karakter belajar gimana kak?" Begini ceritanya, eh maksudnya. Hehehe... Tiap siswa memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Ada siswa yang lemah pada mata pelajaran Bahasa Inggris tetapi kuat di Matematika dan lain sebagainya. Nah bila ditempat lain, siswa akan dipacu terus untuk mengatasi kelemahannya sendiri. Tetapi di Makara Insani, kami mengenali kelemahan itu dan merangkul siswa dengan memberinya strategi belajar khusus agar bisa memenuhi target nilai untuk menembus prodi pilihannya tanpa perlu mengalami stres karena dipaksa belajar sesuatu yang memang tidak disukainya. Bukan berarti pelajaran tersebut diabaikan, tetapi dalam Super Camp kami akan memberi siswa target nilai yang berbeda untuk tiap pelajaran sesuai dengan kemampuan dan target prodi PTN yang dipilihnya. 

Misal si A lemah di Bahasa Inggris tapi kuat di Biologi. Maka dalam Super Camp kami akan memberi target nilai tinggi untuk biologi dan target nilai minimal untuk Bahasa Inggris. Kenapa target tiap pelajaran berbeda? Karena bobot nilai pelajaran saat akan dikonversi menjadi nilai nasional juga berbeda. Dan ini banyak siswa atau bahkan bimbingan belajar yang tidak menyadarinya. Selain itu pemberian target nilai yang berbeda pada tiap pelajaran juga akan membantu siswa untuk fokus pada pelajaran-pelajaran yg bisa ia optimalkan dan tidak mngorbankan konsentrasinya karena stres berusaha mempelajari sesuatu yang sulit dan tidak disukai. Banyak alumni kami yang menerapkan strategi ini dengan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Bahkan ada seorang siswa alumni tahun 2011 bernama Nagib yang tidak pernah mengikuti pelajaran Bahasa Inggris selama Super Camp namun fokus di pelajaran lainnya. Ketika ujian pun dia hanya sanggup mengerjakan kurang dari 6 soal Bahasa Inggris. Lalu hasilnya bagaimana? Alhamdulillah saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa aktif di Teknik Elektro UI. Penasaran bagaimana ia melakukannya? Nantikan artikel berikutnya yah :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.