SBMPTN 2014 - SUDAH SIAPKAH MENGHADAPINYA?

Melihat judul artikel ini, banyak yang bertanya, "Apa tidak terlalu cepat memikirkan SMPTN sekarang? Waktunya kan masih lama?" Pertanyaan yang wajar, tapi jawabannya cukup singkat yaitu, "Tidak." Alasanya adalah karena persiapan untuk menghadapi SBMPTN itu tidaklah sedikit, ada banyak hal yang harus siswa/i siapkan mulai dari sekarang. Belum lagi tingkat persaingan yang sangat ketat yang harus dihadapi setiap peserta SBMPTN. 

Sebagai perbandingan, tahun 2013 lalu jumlah total peserta SBMPTN sebanyak 585.789 siswa sedangkan yang lulus hanya 109.853 siswa (kompas.com, 8 Juli 2013). Bila dijadikan persentase maka tingkat kelulusan hanya sebesar 18.75%. Tragis bukan? Yang lebih mengejutkan lagi, menurut data dari jpnn.com, banyak diantara peserta yang gagal dalam SBMPTN merupakan siswa/i dengan nilai di atas rata-rata di sekolahnya. Bila yang pintar saja bisa gagal, bagaimana dengan siswa/i yang biasa-biasa saja? 

Nah untuk membantu adik-adik dalam menghadapi SBMPTN 2014 nanti, Kakah berikan beberapa tips untuk membantu kalian. Tips-tips berikut ini sederhana dan sudah Kakak terapkan sendiri dan juga pada siswa/i Kami. Berikut ini tipsnya:
  • Cek minat dan bakat masing-masing.
  • Sesuaikan pilihan jurusan dan PTN yang sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat kalian. Ingat, kuliah akan membantu menentukan masa depan kalian, jadi jangan sia-siakan kuliah dengan memilih jurusan dan PTN karena ajakan teman. Sudah banyak cerita tentang senior-senior kalian yang stress ketika kuliah karena tidak mampu mengikuti atau tidak menyukai perkuliahannya. Minta bantuan konseling dari guru BK, wali kelas, orang tua atau para senior dan guru.
  • Kumpulkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya lalu fokuslah belajar dari situ. Dengan fokus mempelajari soal-soal tahun sebelumnya, maka peluang kalian untuk memahami dan menguasai materi2 tersebut semakin besar. Oh ya utamakan materi dengan jumlah soal terbanyak karena akan sangat membantu dalam penilaian nanti. Intinya adalah belajar dengan tepat sasaran bukan belajar giat tetapi tidak tahu materi mana yang akan keluar.
  • Bila adik-adik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi-materi SBMPTN, segera berkonsultasi dengan guru atau teman atau senior. Ikutilah bimbingan belajar bila perlu.
  • Terakhir, mohon doa dari orang tua, keluarga, para guru dan jangan lupa mendoakan teman-temannya yah. Setiap doa baik akan berbalik kepada orang yang mendoakan.
Demikian sejumlah tips yang sudah teruji. Insya Allah bermanfaat. Selamat belajar dan semoga sukses :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.