Ketika Belajar Keras Saja Tidak Cukup


Tahun ini merupakan tahun yang cukup menguji mental dan fisik bagi para siswa/i kelas XII baik SMA maupun SMK. Mengapa? Karena pada tahun ini ada sejumlah kebijakan pemerintah mengenai seleksi masuk PTN yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pada tahun ini kelulusan SNMPTN 2014 juga dipengaruhi oleh nilai UN murni. Bobot UN murni pun cukup besar yaitu sekitar 30-40%. Kebijakan berikutnya mengenai SBMPTN 2014. Pada tahun ini peserta SBMPTN 2014 akan menghadapi ujian dalam 1 hari saja, Artinya dalam 1 hari para peserta mesti menjalani 3 kali ujian yang terdiri dari Tes TPA, Tes Kemampuan Dasar dan Tes Kemampuan Jurusan Saintek atau Soshum. Lalu bagaimana dengan yang mengambil IPC? Tentu saja mereka harus menjalani 4 kali ujian.

Melihat fakta-fakta di atas, tentu saja cukup membuat para siswa pusing mengingat materi tiap ujian berbeda sehingga mereka harus belajar ekstra keras. Tetapi apakah dengan belajar ekstra keras dapat menjamin bahwa mereka akan mendapat nilai yang memuaskan? Berdasarkan pengalaman kami dan juga siswa/i kami, belajar ekstra keras memiliki dampak negatif yang mungkin banyak yang tahu tetapi tidak menyadarinya, atau justru malah mengabaikannya. Mulai dari pusing atau sakit kepala hingga mengalami blank pada saat ujian. Dan yang lebih bikin stress lagi adalah faktanya banyak siswa/i yang memiliki prestasi cukup baik padahal mereka belajarnya santai-santai saja. Mengapa itu bisa terjadi? Apa yang harus dilakukan ketika belajar keras saja tidak cukup?

Oke, supaya tidak bertambah galau, kami akan bocorkan tipsnya agar adik-adik semua bisa meningkatkan prestasi kalian dengan belajar yang santai tapi efektif. It's smart study not hard study. Berikut ini tipsnya:
  • Tentukan target belajar. Fokus pada materi yang kalian akan hadapi. Apabila kalian menghadapi UTS, fokus pada bab-bab yang sudah dibahas oleh guru kalian. Akan sangat membantu bila sebelum belajar kalian mulai dengan membaca rangkuman dari tiap bab
  • Rilekslah. Bukan mengosongkan pikiran tetapi menyegarkan pikiran agar kemampuan otak dalam menyerap informasi lebih optimal. Mulailah dengan mandi atau bernafas dalam-dalam untuk menenangkan pikiran.
  • Ingatlah bahwa belajar sebentar tetapi sering jauh lebih baik daripada belajar berjam-jam tetapi jarang. Yup ini fakta yang banyak disepelekan oleh siswa. Mencicil belajar dengan hanya belajar 30-90 menit perhari tetapi rutin itu sangat membantu otak dalam menyerap dan memahami apa yang dipelajari. Tidak percaya? Coba saja pelajari satu materi, misal tentang trigonometri, lalu pelajari dan ulang mengerjakan soal selama 15 menit tiap hari. bila rutin dilakukan dalam seminggu saja, kami yakin kalian akan ingat selama hampir setahun atau lebih.
  • Otak manusia memiliki batas waktu menyerap informasi. Jangan dipaksakan. Batas belajar otak manusia rata-rata 20-35 menit. Bila dipaksakan maka informasi yang dipelajari tidak akan diserap maksimal. Oleh karena itu, bila kalian belajar pastikan memberi jeda istirahat setiap 20 menit sekali agar apa yang kalian pelajari dapat diserap maksimal.
  • Ada materi sulit? Tanyalah atau lewati saja dulu. Ini merupakan salah satu tips yang sederhana tetapi jarang dipraktekkan. Bertanyalah pada teman atau guru bila kalian kesulitan memahami suatu materi. Tetapi jika masih tetap kesulitan meski sudah dijelaskan berulang kali, maka lewati saja dulu dan teruskan mempelajari materi lainnya. Jangan pernah memaksakan diri karena kalian sama saja menyiakan waktu dan konsentrasi kalian yang seharusnya bisa digunakan untuk emahami materi lainnya.
  • Seringlah mengulang. Yup, mengulang adalah kunci dari belajar efektif. Bukan durasi belajar yang penting, tetapi cara belajar dan seberapa sering kalian mengulanginya. Materi sesulit dan sebanyak apapun bila dicicil dan sering diulangi akan terasa lebih mudah dipahami. Buktikan.
  • Ajarkan pada orang lain. Dengan mengajarkan suatu materi pada orang lain sebenarnya kita menantang diri kita sendiri untuk mengetahui seberapa jauh kita menguasai materi tersebut. Dengan mengajrkannya pada orang lain kita juga dapat memperoleh informasi yang baik mengenai materi tersebut berdasarkan pertanyaan yang diajarkan oleh orang atau teman yang kita ajari.
Masih banyak tips belajar lainnya yang bisa kalian dapatkan bila belajar di Makara Insani. Tetapi apabila kalian fokus pada tips-tips di atas maka Insya Alloh ujian bukan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi adik-adik semua. Selamat belajar dan semoga sukses.

Bagi adik-adik kelas XII dapat berkonsultasi gratis mengenai jurusan via whatsapp dengan menghubungi nomor kami:
Kak Reza : 085717558911
Kak Juli : 081212989469
Pak Tarmin : 08158280427





0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.