Sudah Daftar SNMPTN 2014 Belum?


Batas akhir pendaftaran SNMPTN 2014 tinggal beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 31 Maret 2014. Namun hingga saat ini masih banyak siswa/i kelas XII yang mengalami kegalauan dalam menentukan prodi (program studi) apa yang akan dipilihnya. Beberapa faktor yang menyebabkan 'kegalauan massal' tersebut antara lain karena kurangnya informasi, tuntutan dari orang tua untuk memilih prodi tertentu, bujukan teman dan bahkan ada beberapa kasus yang disebabkan oleh pembatasan pilihan prodi oleh sekolah. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut ini kembali kami berikan tips (sebelumnya juga pernah dibahas dalam blog ini) bagi adik-adik yang mengalami sindrom kegalauan dalam menentukan prodi SNMPTN hehe... Disimak yah tipsnya. 
  1. Cek semua prodi yang tersedia di masing-masing PTN yang kalian minati dan cari info selengkap mungkin. Informasi mengenai prodi bisa kalian dapatkan melalui situs masing-masing PTN atau bisa juga memalui situs resmi SBMPTN yaitu di sbmptn.or.id. Tujuannya adalah memperluas pilihan kalian agar tidak terpaku pada prodi yang itu-itu saja.
  2.  Berpikirlah jangka panjang. Carilah informasi peluang karir yang sesuai dengan prodi yang kalian pilih. Jangan memilih prodi hanya karena passing grade yang rendah atau karena pilihan teman. Ingatlah bahwa pilihan prodi juga akan berpengaruh dalam dunia karir kalian nati setelah lulus kuliah. Nah info mengenai peluang karir dari tiap prodi ini memang agak langka, tapi masih bisa dicari. Salah satu situs yang kami rekomendasikan adalah jurusanku.com yang dikelola oleh Ibu Ina Liem.
  3. Sesuaikan pilihan prodi dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri. Masih banyak siswa/i yang mendapat tuntutan dari orangtua untuk memilih prodi tertentu. Bila sesuai dengan minat dan kemampuan siswa tersebut tentunya oke saja. Namun bila tidak sesuai, maka kalian akan menyiksa diri kalian sendiri dan berpengaruh terhadap prestasi akademis kalian di kampus nanti. Kalianlah yang paling mengenali minat dan kemampuan kalian, oleh karena itu bicarakan dengan orang tua mengenai pilihan prodi yang akan kalian ambil.
  4. Siapkan alternatif. Bila ternyata pilihan prodi yang kalian ingin ambil melalui SNMPTN tidak terjangkau saat ini, bisa karena tahun lalu hanya sedikit atau bahkan tidak ada kakak kelas kalian yang diteri di prodi tersebut atau sebab lainnya, kalian sudah siap dengan alternatifnya. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran tidak hanya ada di UI saja, masih banyak PTN lain yang memiliki FK yang bagus seperti Unpad, Unair dll. Dengan menyiapkan alternatif prodi, berarti kalian juga meningkatkan peluang kalian untuk lulus dalam jalur SNMPTN 2014. Hal yang sama juga berlaku untuk SBMPTN loh. :)
  5. Berkonsultasilah. Bila kalian masih mengalami kebingungan dalam memilih prodi, jangan pernah malu untuk konsultasi/bertanya. Semakin banyak tanya semakin banyak info yang akan kalian dapatkan. Tanyakan kepada guru-guru BK di sekolah, kepada kakak-kakak yang mengajar di bimbel yang kalian ikuti atau kepada orangtua atau orang lain yang pernah kuliah di prodi yang kalian minati. Ingat pepatah lama yang berbunyi "Malu bertanya sesat di jalan." 
Oh ya jangan lupa juga bahwa selain SNMPTN, masih banyak jalur lain untuk bisa kuliah di prodi dan PTN yang kalian minati, yaitu SBMPTN dan jalur mandiri seperti SIMAK UI dan PERMABA UNJ. Jadi jangan memaksakan diri atau terlalu dipikirkan, kalau bahasa anak gaulnya, woles aja hehehe... Bagi adik-adik yang berminat untuk mengikuti SBMPTN atau SIMAK UI, kami dari MAKARA INSANI memiliki program yang dapat membantu kalian untuk lulus diterima di prodi dan PTN yang kalian inginkan. Nama programnya adalah Intensif dan Supercamp SBMPTN 2014

Dan bagi adik-adik yang ingin berkonsultasi GRATIS seputar bagaimana memilih prodi/jurusan dalam SNMPTN, seputar SBMPTN, SIMAK UI dan lainnya bisa bergabung dengan grup whatsapp Makara Konseling dengan menghubungi:
Reza     : 085717558911
Juli        : 081212989469
Mr. T    : 08158280427

Semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.