INI MANFAAT UN ONLINE (CBT) 2015





Mulai tahun 2015 ini, pemerntah akan menguji coba tes Ujian Nasional dengan menggunakan komputer atau yang lebih dikenal dengan Computer Based Test (CBT). Tentu belum semua sekolah mampu memenuhi persyaratan, khususnya infrastruktur, untuk mengikuti CBT ini. Namun bagi kalian yang sekolahnya menjalankan CBT untuk UN 2015 ini, jangan khawatir, karena sebenarnya ada bnyak kelebihan atau manfaat dari CBT bila dibandingkan dengan tes tertulis (PBT). Berikut ini kami coba jelaskan secara ringkas manfaat atau kelebihan CBT:

- Tidak perlu repot menghitamkan lembar LJK. Dengan begini waktu kalian akan lebih efektif karena yang perlu kalian lakukan hanya mengklik atau menekan huruf pilihan jawaban yang tersedia.
- Tidak perlu membawa alat tulis, rautan, dan papan alas. Cukup duduk manis sesuai dengan nomor ujian peserta. :)
- Lebih aman, tak perlu repot memisahkan lembar jawaban dari lembar soal ataupun khawatir kertas lembar jawabannya rusak.
- Memiliki timer setiap soalnya sehingga kalian bisa mngelola waktu mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih baik lagi.
- Ada yang salah klik, atau ingin mengerjakan kembali soal yang kalian lewati? Tenang saja, setelah kalian selesai menjawab hingga nomor terakhir, kalian bisa kembali mengerjakan nomor-nomor yang belum kalian jawab atau memeriksa jawaban kalian sebelum waktu ujian habis.
- Ujiannya hanya satu mata pelajaran dalam satu hari, sehingga kalian punya waktu lebih untuk belajar menjelang ujian mata pelajaran berikutnya. Berbeda dengan ujian tertulis dimana ada dua mata pelajaran dalam satu hari.

Setelah mengetahui manfaat dari UN online atau CBT ini, kami berharap adik-adik akan semakin semangat dan tidak takut lagi dalam menghadapi UN CBT 2015 nanti. Pelaksanaan UN CBT direncanakan akan diselenggarakan selama 6 hari yaitu pada tanggal 13-16 April 2015 dan dilanjutkan 20-21 April 2015. Selamat belajar dan semoga adik-adik meraih nilai terbaik dalam Ujian Nasional 2015, baik yang menggunakan ujian tertulis maupun menggunakan komputer. Aamiin... :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.