Pendaftaran SNMPTN 2015 Sudah, Lalu???





Periode pendaftaran SNMPTN 2015 akan segera ditutup pada 15 Maret 2015. Bagi adik-adik yang belum melakukan finalisasi pendaftaran, sebaiknya sesegera mungkin diselesaikan. Hindari melakukan finalisasi pendaftaran pada hari-hari terakhir karena dikhawatirkan terjadi overload pada server sehingga pendaftaran adik-adik mengalami masalah dan beresiko gagal.

Okey setelah adik-adik melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN, langkah selanjutnya apa? Mungkin pertanyaan ini sudah bisa dijawab oleh sebagian siswa, namun sebagian lainnya masih bingung mau melakukan apalagi setelah pendaftaran SNMPTN. Berikut ini kami berikan sedikit tips mengenai apa saja yang sebaiknya menjadi prioritas adik-adik selanjutnya.

1. Persiapkan diri untuk menghadapi Ujian Sekolah. Mulai tahun ajaran 2014/2015 ini, kelulusan adik-adik terletak pada nilai rapor dan ujian sekolah yang akan berlangsung dalam hitungan hari kedepan. Persiapkan materi-materi apa saja yang akan adik-adik pelajari untuk menghadapi US. Fokus pada materi-materi yang kalian kuasai dan seringlah bertanya pada guru atau teman mengenai materi yang belum dikuasai. Membentuk kelompok belajar merupakan ide bagus untuk meningkatkan pemahaman kalian loh.

2. Setelah Ujian Sekolah usai, refreshing sebentar lalu bersiaplah menghadapi Ujian Nasional (UN). Meski tidak menentukan kelulusan sekolah, namun UN sangat berperan dalam menentukan penerimaan dalam SNMPTN. Bila adik-adik merasa nilai rapor kalian kurang maksimal, kalian bisa meningkatkan peluang lulus SNMPTN kalian dengan memaksimalkan nilai UN kalian, khususnya mata pelajaran yang berhubungan dengan prodi yang kalian pilih, bila ada. Tips tentang bagaimana menghadapi UN akan kakak share dalam artikel tersendiri yah. :)

3. Refreshing lagi setelah UN, lalu mulai persiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN 2015 dan atau Ujian Mandiri 2015 dari PTN-PTN yang menyelenggarakannya. Peluang untuk lulus dalam SNMPTN 2015 memang cukup kecil, dan banyak faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol oleh siswa seperti indeks sekolah, prestasi alumni tahun sebelumnya dan sebagainya. Namun dalam SBMPTN dan Ujian Tulis, hal tersebut dapat diminimalisir karena faktor utama yang menetukan kelulusan dalam ujian tulis adalah nilai kalian sendiri. Jadi bila kalian memang berniat untuk kuliah di PTN favorit, segera buat rencana belajar dan timelinenya agar kalian dapat mengevaluasi diri dan disiplin dalam meraih impian kalian. Bagi adik-adik yang membutuhkan persiapan khusus untuk menghadapai SBMPTN 2015 bisa cek di sini.

4. Tingkatkan ibadah. Tuhan Yang Maha Kuasa lah yang menentukan segalanya. Tingkatkan ibadah adik-adik, seringlah berdoa terutama sehabis sholat atau menjelang tidur. Insya Alloh selama kalian belajar dengan tekun dan berdoa, kalian akan dimudahkan dalam mencapai impian kalian.

Sekian tips yang bisa kakak berikan. Selamat belajar, dan kami doakan semoga adik-adik mendapatkan nilai terbaik dalam setiap mata pelajaran dalam Ujian Sekolah masing-masing. Aamiin.

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.