TIPS MEMILIH JURUSAN DALAM SNMPTN 2015




Pendaftaran SNMPTN 2015 telah dibuka mulai tanggal 13 Februari - 15 Maret 2015. Dalam waktu kurang dari sebulan, para siswa/i kelas XII dari SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia bersaing untuk mendapatkan salah satu bangku di PTN pilihan mereka. Sebagai gambaran, pada tahun 214 lalu dari 777.536 siswa/i yang mendaftarkan diri dalam SNMPTN, hanya 16,13% atau 125.406 peserta saja yang dinyatakan LULUS dalam SNMPTN 2014. Melihat fakta ini, dapat disimpilkan bahwa untuk lulus dalam SNMPTN itu tidak mudah, tetapi dengan strategi yang tepat dalam memilih prodi dan PTN yang sesuai, maka lulus SNMPTN tidaklah mustahil. Berikut kami bagikan sebagian tips dalam memilih jurusan dalam SNMPTN 2015.
  1. Peserta SNMPTN dapat memilih maksimal 3 prodi dengan ketentuan maksimal 2 PTN saja. Jadi bila adik-adik memilih 3 prodi maka satu PTN ada yang 2 prodi dan satu lagi hanya 1.
  2. Bila memilih 2 PTN,maka salah satu PTN yang di pilih WAJIB berada di wilayah asal sekolah peserta. Tetapi bila hanya memilih 1 PTN saja (maksimal 2 prodi yah) maka bebas menentukan PTN di wilayah manapun.  Misalnya si A tinggal di kota Jakarta, maka pilihan PTN bila mengambil 3 prodi (2 PTN maksimal) harus berada di wilayah Jakarta yaitu antara UI, UNJ atau UIN. tetapi bila hanya memilih satu PTN saja maka bebas menentukan PTN pilihannya, misalnya si A yang tinggal di jakarta memilih Manajemen Unibraw dan Hukum Unibraw.
  3. Ketahui daya tampung prodi yang diinginkan dan jumlah yang diterima dari tiap propinsi. Info lengkap silahkan cek di situs resmi snmptn.ac.id.
  4. Pilih PTN yang banyak menerima alumni sekolah kalian. Cari tahu jumlah alumni yang diterima dalam SNMPTN tahun sebelumnya diterima di PTN mana saja. Makin banyak jumlah alumni yang diterima dalam suatu PTN, maka makin besar pula peluang adik-adik untuk di terima di PTN tersebut. Tetapi waspada terhadap alumni yang diterima dalam SNMPTN tahun lalu namun tidak diambil. Hal ini membuat indeks sekolah kalian di mata PTN tersebut menurun dan ada kemungkinan di blacklist
  5. Prestasi alumni berpengaruh. Cari tahu prestasi IPK alumni kalian di PTN dimana mereka diterima. Bila IPK mereka baik, maka SMA kalian akan dianggap baik oleh PTN tersebut dan kalian memperoleh peluang yang lebih baik lagi.
  6. 1 prodi maksimal 3 pemilih. Cari tahu jumlah teman sekolah yang memilih PTN dan prodi yang sama dengan kalian. Bila dalam 1 prodi terdapat lebih dari 5 orang yang memilihnya, makanya yang memiliki peluang besar adalah 2-3 orang dengan nilai rapor dan UN tertinggi.
  7. Meski tidak tertulis secara resmi, namun banyak PTN yang tidak mau dinomor duakan. Oleh sebab itu pastikan dalam memilih pilihan pertama adalah pilihan yang benar-benar kalian inginkan SESUAI KEMAMPUAN kalian. Maksudnya sesuai kemampuan adalah melihat nilai rapor dan nilai UN kalian nanti. Ingat, pilihan pertama adalah penentu, karena jarang sekali ada siswa yang diterima di pilihan keduanya. Karena itu tentukan dengan bijak yah.
  8. Konsultasikan dengan orang tua dan pihak sekolah seperti guru BK atau wali kelas. Ingat, jangan memilih prodi yang tidak kalian inginkan untuk mencegah sekolah kalian mendapat blacklist bila kalian diterima namun tidak mengambilnya.
  9. Fokus ke UN. Walaupun UN tidak menjadi indikator kelulusan SMA, namun nilai UN juga berpengaruh dalam kelulusan SNMPTN. Bobotnya pun cukup besar. Nah bagi adik-adik yang merasa kurang maksimal dalam nilai rapor, bisa memaksimalkan peluang kalian untuk lulus SNMPTN dengan memaksimalkan nilai UN kalian.
  10. Perjuangan belum usai. Kami sering mengingatkan kepada para siswa/i kami bahwa peluang untuk lulus dalam SNMPTN itu tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu jangan menggantungkan masa depan kalian hanya pada SNMPTN saja. Ingatlah bahwa untuk kuliah di PTN masih ada jalur ujian tulis yang terdiri dari SBMPTN dan Ujian Mandiri seperti SIMAK UI dan sebagainya. Setelah UN selesai, kumpulkan semangat dan tenaga kalian untuk menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri, maka kalian memperbesar peluang kalian untuk kuliah di PTN idaman. Bagi adik-adik yang berminat mengikuti Super Intensif atau Super Camp SBMPTN 2015, dari MAKARA INSANI telah resmi membuka pendaftaran untuk kedua program tersebut. Silahkan cek artikel kami di blog ini mengenai Super Camp SBMPTN 2015 atau Super Intensif SBMPTN 2015. :)
  11. Tawakkal dan berdoa. Segala kebaikan akan berbuah kebaikan.Jadi jangan lupa tingkatkan ibadah dan pahami bahwa apapun hasil yang kalian dapat merupakan yang terbaik yang telah dipilihkan oleh Yang Maha Kuasa untuk kalian. Alloh Maha Tahu, karena itu tetap optimis dan minta yang terbaik pada Dzat Yang Maha Mengetahui.
Sekian tips dari kami. Tips ini kami kumpulkan berdasarkan pengalaman kami dalam membantu siswa/i kami yang mengikuti SNMPTN, dan dari berbagai sumber terpercaya. Insya Alloh bermanfaat, dan tidak lupa kami mendoakan agar adik-adik mendapat prodi ataupun PTN yang sesuai dengan pilihanadik-adik sekalian.

Sumber:
snmptn.ac.id
bsnp-indonesia.org
dikti.go.id
Sumber lainnya yang telah lama menjadi mitra kami:)

1 comment:

  1. assalamualaikum. izin bertanya, di sekolah saya kelulusan thn 2013 banyak kakak kelas saya yang diterima di universiitas A >30. namun pada kelulusan thn 2014 kakak kelas saya jadi banyak diterima di universitas B <30. kini kelulusan 2015 saya harus lebih memilih universitas A atau B? mohon jawabannya terimakasih. wassalamualaikum

    ReplyDelete

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.