PRODI TEKNIK SIPIL BELAJAR APAAN SIH?



Teknik Sipil atau dalam bahasa kerennya Civil Engineering merupakan salah satu prodi favorit yang ditawarkan oleh Fakultas Teknik di banyak PTN di seluruh Indonesia. Berkembang pesat industri properti di tanah air juga memicu peningkatan popularitas dari prodi tersebut, bersamaan dengan meningkatnya popularitas prodi arsitektur dan desain interior. Ketiganya juga merupakan pilihan favorit para peserta SNMPTN maupun SBMPTN sejah bertahun-tahun lamanya hingga sekarang. Loh kok bisa begitu? Hal ini karena ketiga prodi ini berhubungan erat. Ketiganya berkaitan dengan bangunan baik gedung perkantoran, perumahan, mall dan sebagainya. Kali ini, kakak akan fokus membahas Teknik Sipil terlebih dahulu.

Teknik Sipil merupakan salah satu cabang atau aplikasi dari ilmu Teknik yang fokus pada kegiatan perencanaan, pembangunan dan pemeliharaan lingkungan sebuah konstruksi. Dalam prodi ini, para mahasiswa dituntut untuk memiliki kekampuan matematika dan fisika yang cukup baik karena keduanya hampir selalu digunakan dalam kegiatan perkuliahan maupun praktek lapangan. Kemampuan sains lainnya seperti biologi atau kimia juga digunakan akan tetapi aplikasinya tidak sebanyak matematika dan fisika.

Seorang insinyur teknik sipil juga dituntut memiliki kemampuan IT yang baik karena akan mempermudah mereka dalam merancang atau menghitung pembangunan sebuah konstruksi dengan bantuan software seperti Auto CAD dll.

Seorang insinyur teknik sipil juga lebih banyak beraktifitas di lapangan baik untuk membuat prencanaan pembangunan maupun untuk mengevaluasi kinerja para pekerja bangunan agar sesuai dengan rencana. Tapi jangan disamakan dengan mandor yah hehehe...

Lulusan prodi Teknik Sipil dapat bekerja dibanyak bidang dan perusahaan, seperti perusahaan konstruksi, perusahaan agen properti, perusahaan konsultan properti, asuransi dan lainnya, tentu dengan penghasilan yang cukup menggiurkan hehe.. So, are you ready to be the next Civil Engineer? :) 


0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.