SNMPTN 2014: Perbedaan S1 Reguler dan S1 Paralel di UI



Kalau mendengar nama UI siapa sih yang tidak tahu? Sampai sekarang UI masih menjadi salah satu pilihan favorit siswa/i SMA untuk melanjutkan pendidikan mereka. Nah di UI sendiri ada beberapa jalur yang dapat diikuti bila ingin menjadi mahasiswa UI. Yang paling umum siswa dengar adalah S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi dan PPKB. Kali ini Kakak akan fokus membahas perbedaan antara program S1 Reguler dengan S1 Paralel di UI.

S1 Reguler merupakan program strata atau gelar sarjana yang dikelola UI. Dalam program S1 Reguler, para calon mahasiswa/i UI dibebaskan dari uang pangkal sehingga tidak perlu membayar uang pangkal sama sekali. Kemudian untuk SPP atau biaya kuliah per semester, dapat dinegosiasikan sesuai dengan kemampuan wali atau orang tua dengan kisaran mulai dari Rp. 0 alias gratis hingga maksimal Rp. 7,5 juta. Bahkan mahasiswa/i program Reguler dapat mengikuti program Bidik Misi sehingga biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah dan bahkan mendapatkan uang saku sebesar Rp. 600.000/bulan. Lebih lanjut mengenai Bidik Misi akan Kakak bahas dalam postingan berikutnya. Oh ya mengenai jam kuliah pun biasanya S1 Reguler mulai dari pagi sekitar jam 8.00 hingga jam 16.00.

S1 Paralel merupakan program subsidi silang yang dikelola oleh UI sehingga sebagian dari biaya program ini digunakan untuk membiayai mahasiswa/i yang kurang mampu di program Reguler. Oleh karena itu, dalam program Paralel para calon mahasiswa/i wajib membayar uang pangkal mulai dari Rp. 11 - 45 juta. Untuk SPP pun biayanya relatif lebih tinggi dengan rentang mulai dari Rp. 6,5 - 11,5 juta dan tidak bisa mengikuti Bidik Misi. Mengenai fasilitas dan jam kuliah pun tidak jauh berbeda, meskipun kebanyakan jadwal program Paralel dimulai jam 11.00. Lalu untuk apa memilih jurusan Paralel Kak? Hehe jawabannya adalah peluang untuk diterima dalam program Paralel lebih besar daripada program Reguler tentunya.

Agar lebih jelas adik-adik bisa mendownload brosur dari UI mengenai jalur masuk UI tahun 2014. silahkan download disini. Semoga bermanfaat yah :)
Sumber: simak.ui.ac.id

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.