Pentingnya Nilai UN Dalam SNMPTN 2014

Tahun 2014 merupakan tahun yang membawa perubahan besar bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sebagai contoh adalah dihilangkannya mata pelajaran Bahasa Inggris dari kurikulum 2014. Bagi pelajar kelas XII mungkin menerima dampak perubahan peraturan yang paling drastis. Salah satunya adalah nilai UN murni yang akan dijadikan salah satu standar kelulusan bagi penerimaan SNMPTN yang bersifat undangan pada tahun 2014 ini. Itulah letak pentingnya UN dalam SNMPTN 2014 nanti.

Berbeda dengan tahun 2013 kemarin dimana nilai UN hanya menjadi salah satu prasyarat kelulusan dari SMU atau SMK, maka para pelajar kelas XII tahun ini mesti berupaya lebih keras untuk meningkatkan nilai UN murninya. Sudah pada tahu kan nilai UN murni itu apa? Yup benar, nilai UN murni adalah nilai hasil tes UN kalian tanpa ditambahkan nilai rapor dari sekolah. 

Adik-adik mungkin sudah tahu bahwa dalam SNMPTN undangan, pihak universitas memiliki hak prerogatif dalam menentukan siapa siswa yang akan mereka terima. Dan standar setiap universitas pun tidak sama. Umumnya mereka melihat data nilai rapor yang telah diinputkan oleh pihak sekolah masing-masing. Kemudian pihak universitas akan membandingkan dan menggabungkan nilai tersebut dengan nilai UN murni peserta SNMPTN untuk menentukan siapa yang lebih berhak lulus dalam SNMPTN 2014 nanti. Contoh apabila ada 2 siswa yang menjadi kandidat untuk diterima dalam FKUI, dimana keduanya memiliki nilai rapor yang setara. Maka pihak kampus akan melihat nilai UN kedua siswa tersebut untuk menentukan siapa yang lebih berhak menjadi mahasiswa baru FKUI melalui jalur SNMPTN 2014. Sampai sini mungkin ada yang bertanya; "Kenapa ga keduanya aja?" Nah itu tergantung kuota dari sekolah itu. Bila tidak memungkinkan di ambil keduanya ya terpaksa dipilih satu. Lebih jelasnya lihat artikel sebelumnya tentang cara memilih jurusan dalam SNMPTN 2014 yah.

Jadi mulai dari sekarang sebaiknya adik-adik mulai berlatih menjawab soal-soal UN agar kalian mendapat nilai terbaik. Kabar baiknya adalah SKL tahun ajaran 2014 itu menggunakan SKL 2013. Artinya apa? Artinya kalian bisa berlatih menggunakan soal-soal UN tahun 2013, silahkan cari dari kakak kelas atau di toko buku terdekat yah.

Next time Kakak akan share tentang tips belajar dan tips menjawab soal UN yang Insya Alloh bisa membantu kalian untuk memperoleh nilai terbaik dalam UN 2014 nanti. Matta ne :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.