Seminggu Menjelang Ujian Nasional, Apa Yang Perlu Dipersiapkan?



Judul artikel di atas mungkin menjadi pertanyaan yang banyak diajukan oleh adik-adik kelas XII yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun ini. Dalam waktu kurang dari seminggu, adik-adik akan menghadapi UN yang tidak hanya menentukan kelulusan SMA/MA/SMK tetapi juga, mulai tahun ini, berperan besar dalam menentukan kelulusan SNMPTN 2014. Lalu apa sajakah yang perlu adik-adik persiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional 2014 yang akan diselenggarakan pada 14-16 April 2014? Ini tips dari kami :).

  1. Jaga kesehatan. Ini merupakan hal penting yang seringkali dianggap remeh oleh peserta ujian. Banyak siswa/i yang memaksakan diri untuk belajar hingga larut malam dan mengurangi waktu istirahat dengan anggapan makin banyak belajar maka makin banyak yang dikuasai. Padahal bila tubuh kalian tidak sehat, misalnya masuk angin atau kelelahan karena kurang tidur, maka otak kalian juga terpengaruh dan akan sulit untuk memahami apa yang kalian pelajari. Kuncinya adalah makan makanan yang bernutrisi, istirahat dengan teratur dan kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga fisik.
  2. Fokus belajar. Fokuslah untuk mengerjakan soal-soal try out UN saja karena soal-soal try out UN sudah memetakan materi-materi apa saja yang akan keluar di UN sehingga kalian bisa belajar dengan lebih efektif karena tepat sasaran. Kerjakan ulang soal-soal try out yang sulit namun sudah pernah dibahas. Usahakan kalian dapat mengerjakannya kembali dengan benar namun dengan waktu yang lebih cepat. Ini untuk mengingat kembali dan makin memperkuat pemahaman adik-adik terhadap materi sulit tersebut. Ini merupakan tips sederhana namun sangat efektif, silahkan dicoba.
  3. Pahami batas kemampuan otak. Banyak pelajar yang belum memahami bahwa otak manusia memiliki batas waktu dalam belajar. Batas waktu ini umumnya berkisar antara 15-30 menit. Artinya saat belajar, jangan lupa untuk istirahat setiap 15-30 menit sekali dengan tujuan bukan hanya untuk mengistirahatkan otak, tetapi juga memberi kesempatan pada otak untuk memproses materi yang telah dipelajari. Istirahatnya cukup dengan memejamkan mata sejenak, atau minum air atau meregangkan tubuh sebentar dan rasakan perbedaannya :).
  4. Frekuensi bukan kuantitas. Melanjutkan poin-poin sebelumnya, otak manusia memiliki batas waktu dalam bekerja/belajar. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa informasi baru yang sering diulang, meski sebentar, akan lebih mudah disimpan dalam memori jangka panjang ketimbang informasi yang diproses dalam waktu yang lama. Jadi kuncinya adalah, belajar itu tidak perlu berjam-jam hingga larut malam. buat jadwal sesi belajar. Misalnya satu sesi belajar itu 90 menit. Lalu buat jadwal belajar 2-3 sesi perhari dengan waktu istirahat diantara tiap sesinya. Gunakan tiap sesi belajar tersebut untuk mengulang materi, misalnya dengan mengerjakan kembali soal-soal try out UN atau soal-soal UN tahun sebelumnya.
  5. Siapkan semuanya. Persiapkan semua kebutuhan untuk ujian seperti Kartu Identitas, pensil 2B asli dan penghapusnya, alas untuk membulatkan jawaban dan keperluan lainnya.
  6. Work hard play hard. Ini mungkin agak aneh, tetapi sebenarnya logis dan bisa sangat membantu kalian dalam ujian. Selalu luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan melakukan kegiatan favorit kalian. Tidak perlu setiap hari kok. Misalnya hari sabtu bisa kalian gunakan untuk refreshing. Jangan sampai stress karena bisa menimbulkan fenomena blank saat ujian.
Ingat, kunci sukses untuk ujian, apapun jenis ujiannya adalah belajar dengan cerdas, bukan hanya belajar dengan keras. Kami doakan semoga adik-adik diberi kemudahan oleh Yang Maha Kuasa agar dapat mengerjakan soal-soal UN dengan baik dan mendapat nilai UN yang baik dan memuaskan. Selamat belajar. 

Khusus bagi adik-adik yang berminat mengikuti SBMPTN 2014 (Ujian Tulis) namun memiliki kesulitan dalam memilih jurusan dan atau dalam belajar, silahkan simak infonya disini. 

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.