Tips Belajar SBMPTN 2014



"Kak saya ingin masuk UI tapi ga bisa Bahasa Inggris, gimana yah?"
"Cuma yang pinter-pinter aja yang bisa masuk PTN, gimana peluang saya?"
"Lebih baik main aman, jangan nembak waktu ngerjain soal-soal SBMPTN supaya ga kena nilai mati".
"SBMPTN itu susah, dah gitu pelajarannya banyak banget lagi, apalagi TPA, susaaaaaahhh..."

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan curhatan dan juga pertanyaan dari banyak siswa yang, menurut kakak, mewakili isi hati para peserta SBMPTN tiap tahunnya. Bahkan kakak yakin bahwa diantara adik-adik yang membaca blog ini, pasti ada yang memiliki pertanyaan yang serupa, iya kan? Ngaku deeeh... Hehehe... 

Oke, kakak langsung kasih satu rahasia yang pastinya bermanfaat bagi adik-adik. Kunci sukses SBMPTN itu apa sih? Jawabannya adalah strategi. Yah, strategi yang meliputi strategi belajar, memilih jurusan dan merangsang otak bawah sadar atau strategi pra ujian dan strategi menjawab soal pada saat ujian. Sayangnya banyak yang menyepelekan strategi ini, dan menganggap bahwa belajar dengan keras untuk menguasai semua materi yang akan diujikan adalah jalan terbaik untuk lulus masuk PTN. Padahal untuk menguasai seluruh materi dalam waktu kurang dari 2 bulan nyaris mustahil. Belum lagi saat berhadapan dengan pelajaran tertentu yang memang menjadi kelemahan seorang siswa/i. 

Menyiasatinya bagaimana? Pertama harus tahu dulu materi apa saja yang akan diujikan, atau setidaknya tau prediksi materinya. Kemudian fokuskan pada pelajaran dan materi yang bisa dikuasai dengan baik dan jadikan sebagai prioritas belajar utama. Sedangkan pelajaran atau materi yang sulit, cari teman atau guru yang dapat menjelaskan dengan baik lalu kerjakan ualang soalnya sampai benar. Terapkan strategi ini untuk semua mata pelajaran yang diujikan dan jangan lupa buat skala prioritas berdasarkan tingkat pemahaman dan jumlah soal yang mungkin akan keluar dari pokok bahasan materi tersebut. Strategi sederhana ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman kalian dalam menghadapi SBMPTN 2014. Ingat, mulai sekarang harus belajar dengan cerdas, karena belajar dengan keras saja tidak cukup bila semua melakukannya. Nantikan tips berikutnya yah yang akan membantu kalian dalam SBMPTN. Khusus bagi adik-adik yang membutuhkan trik belajar yang lengkap bisa mengikuti program SUPERCAMP MAKARA INSANI 2014, infonya disini yah. Selamat belajar :)

1 comment:

  1. terima kasih infonya
    ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
    artikel sip

    ReplyDelete

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.