Tingkat Persaingan Dalam SNMPTN 2014 Kembali Meningkat



Kuliah di Perguruan Tinggi Negri (PTN) masih menjadi impian para siswa/i SMA/SMK di Indonesia hingga saat ini. Tingginya animo para siswa ini difasilitasi oleh pemerintah dan pihak PTN dengan adanya SNMPTN (jalur undangan) dan SBMPTN (jalur ujian tulis) yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sedangkan pihak PTN atau universitas dengan menyelenggarakan ujian mandiri seperti SIMAK UI yang diselenggarakan UI dan PERMABA yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Namun jumlah kursi yang yang disediakan oleh PTN sangatlah terbatas sehingga hal ini memimbulkan persaingan diantara para peserta seleksi PTN untuk memperebutkan kursi yang tersedia. Persaingan yang cukup berat ini dipersulit dengan adanya peluang bagi siswa/i kelas XII lulusan hingga 2 tahun sebelumnya yang diperbolehkan untuk berkompetisi dalam tes masuk PTN dan berhadapan dengan siswa/i lulusan tahun ini.

Data menunjukkan, untuk seleksi jalur undangan saja, yaitu SNMPTN tahun 2013 lalu, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 747531 siswa/i. Dari sekian banyak siswa tersebut, yang lulus dalam seleksi SNMPTN tersebut hanya 133.604 siswa/i atau hanya sekitar 17,87% peserta saja yang diterima di PTN melalui jalur undangan. Cukup tragis, sehingga ada guyonan yang mengatakan bahwa SNMPTN itu ibarat PHP, atau pemberi harapan palsu hehe..

Lalu bagaimana dengan persaingan tahun ini? Menurut Okezone.com (1 April 2014), jumlah peserta yang terdaftar dalam SNMPTN 2014 sebanyak 777.357 siswa/i. Hanya sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan jumlah kursi tersedia yang diperkirakan tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, maka tingkat persaingan dalam SNMPTN 2014 mengalami kenaikan. 

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan peluang lulusnya Kak? Hmm, sekarang kesempatan adik-adik untuk lulus SNMPTN bergantung pada UN. Oleh karena itu berupayalah semaksimal mungkin untuk menjawab soal-soal UN dengan baik dan benar karena nilai UN memiliki persentase yang cukup besar dalam kelulusan SNMPTN, yaitu sekitar 30%. 

Adik-adik juga bisa mengotimalkan usaha kalian untuk kuliah di PTN dengan mengikuti Bidikmisi, SBMPTN 2014 (jalur ujian tulis) yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 Juni 2014 dan melalui Ujian Mandiri. Bila adik-adik brniat mengikuti SBMPTN 2014, simak artikel tentang perbedaan SBMPTN 2014 dengan SBMPTN tahun-tahun sebelumnya disini. Dan bila adik-adik mengalami kesulitan dalam belajar untuk menghadapi SBMPTN atau ingin berkonsultasi gratis tentang SBMPTN, simak artikel kami disini.

Akhir kata, selamat berjuang untuk UN dan kami mendoakan semoga adik-adik berhasil meraih impian dan cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di PTN dan jurusan favorit kalian. :)

0 komentar:

Copyright © 2012 MAKARA INSANI.